Manfaat Teripang Untuk Kesehatan

Berikut ini kami berikan sajian informasi mengenai Manfaat Teripang Untuk Kesehatan yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.

Mengenal Teripang Laut

manfaat teripang untuk kesehatan
Teripang adalah hewan invertebrata sejenis timun laut ( holothuroidea) yang tersebar luas di lingkungan laut seluruh dunia dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di samudera hindia dan samudra pasifik barat. Di indonesia sendiri teripang banyak terdapat di wilayah perairan timur, seperti kalimantan, sulawesi, NTB dll.

Tidak kurang dari 29 jenis teripang yang saat ini menjadi komoditas perdagangan global. Sekitar 25 jenis teripang didentifikasikan berasal dari perairan karang di indonesia. Sepuluh jenis diantaranya mempunyai nilai komersil. Jenis dari teripang yang termasuk dalam kategori utama  relatif mahal yaitu teripang pasir atau teripang putih, holothuria scabra, teripang susuan h. noblis dan h. fuscogilva. Jenis dari teripang yang termasuk sedang adalah marga actinopyga, antara lain teripang lotong ( a. miliaris), teripang batu dan teripang bilalo.

Dewasa ini perburuan teripang tidak saja pada jenis- jenis yang berharga mahal, namun juga terhadap jenis yang murah yang awalnya tidak menjadi perhatian. Total dari hasil tangkapan teripang di indonesia diekspor sebesar 2600 ton per tahun dalam bentuk kering, konoko dan konwata. Produk ini banyak diminati sebagai makanan kesehatan karena mampu meningkatkan vitalitas laki-laki.

Apa Itu Manfaat Teripang Untuk Kesehatan?

Teripang disebut juga dengan gamat kaya akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak pada tubuh dan kaya akan kolagen yang dapat meregenerasi kulit. Berikut ini kandungan dan Manfaat Teripang Untuk Kesehatan.

Kolagen
Pada umumnya pada tubuh manusia kolagen akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kolagen yang baik untuk tulang, rambut, kulit serta metabolisme dalam tubuh. Asupan kolagen akan membantu :
  1. Meregenerasi kulit, mengembalikan dan meningkatkan kekenyalan kulit.
  2. Mengurangi selulit pada tubuh
  3. Mengencangkan kulit menggeleber pada payudara, pinggul dan punggung
  4. Melembabkan dan mengencangkan kulit
  5. Meringankan keluhan pada luka lambung
Mucopolysacarida:
Dikenal juga dengan nama glikosaminoglikan yang merupakan pembentuk tulang rawan dan berperan sangat penting dalam mencegah terjadinya gangguan persendian.
  1. Menurunkan dan mencegah artherosklorosis
  2. Meredakan sakit pada persendian
  3. Membantu pemulihan
Chondroitin /Glukosamin
Ketika seseorang menua, kondisi tulang rawan akan ikut menipis, muncul keluhan disertai dengan sakit pada persendian. cairan pelumas sendi pun sudah mulai berkurang sehingga sering menimbulkan rasa sakit pada saat bergerak. Chondroitin dan Glukosamin didalam Jelly gamat GOldg membantu memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak, meringankan keluhan penderita radang sendi dan pengapuran, merangsang pembentukan cairan sinovial.

Omega 3 
Rata-rata hewan laut akan mengandung omega 3 didalam tubuhnya, begitupun teripang/ gamat sama halnya dengan ikan akan bermanfaat untuk :
  1. Membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah
  2. Menurunkan kolesterol jahat LDL
  3. Menaikan kolesterol baik HDL
  4. Mengurangi kekentalan darah
  5. Mencegah terjadinya pergumpalan darah
  6. Menurunkan resiko terjadinya kardiovaskular
Bio Active Element / CGF dan Mineral
Berdasar penelitian yang dilakukan oleh Prof. Ridzwan Hashim dari National University of Malaysia (UKM) diketahui bahwa teripang mengandung cell growth factor (CGF). CGF inilah yang bertanggung jawab untuk menstimulus proses regenerasi atau peremajaan sel dan berperan untuk mempercepat penyembuhan luka. Gamat mengandung mineral yang berfungsi untuk metabolisme tubuh.

Itulah Manfaat Teripang Untuk Kesehatan yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.