Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh

Berikut ini adalah informasi mengenai Manfat Daun Sirsak Bagi Tubuh. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.

Tentang Sirsak

manfaat daun sirsak bagi tubuh
Sirsak , nangka belanda atau durian belanda  dalam bahasa latin disebut Annona muricata L adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari karibia, amerika tengah dan amerika selatan. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil dagingnya dan tumbuhan ini dapat ditanam disembarang tempat. Buah sirsak menawarkan berbagai kandungan positif untuk kesehatan manusia, mulai dari buahnya dan daunnya bahkan pohonnya. Buah sirsak mengandung vitamin C , kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak juga yang terkandung.

Dari semua bagian tubuhnya dari buah, daun dan batangnya, yang paling banyak memiliki dampak positif untuk pengobatan herbal adalah daunnya. Daun sirsak sendiri mengandung Acetogenins, annocatacin, annocatali, annohexocin, annoacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, genestic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.

Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak

  • Mengandung glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total
  • Dalam buah sirsak terkandung sedikit lemak sehingga tidak  membahayakan kesehatan
  • Rasa asam pada buah sirsak berasal dari rasa asam organik
  • Dalam buah sirsak juga terdapat vitamin C, sekitar 20-100 mg, sedangkan kandungan vitamin C yang kita butuhkan adalah per hari 60 mg
  • Dengan mengkonsumsi buah sirsak yang banyak mengandung vitamin C, dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlambat proses penuaan. 
  • Mineral yang terkandung pada buah sirsak dapat memperkuat tulang dan menghambat osteoporosis
     

Apa Sih Manfaat Daun Sirsak Untuk Tubuh?

Manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Ini berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan banyak diguinakan untuk mengobati penyakit. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Bukan hanya itu, negeri korea juga melakukan penelitian dari daun sirsak, mereka menemukan satu senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar 10.000 kali lebih berpotensi sebagai kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak, namun dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini juga sangat selektif memilih sel target sehingga tidak merusak sel-sel sehat.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh telah diteliti juga baru-baru ini dalam sebuah studi, bahwa daun pohon sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Hasil penelitian sudah disimpan selama bertahun-tahun sejak zaman dulu, namun banyak orang yang tidak mengetahuinya, Bahkan berdasarkan 20 tes laboratorium tentang manfaat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970 menunjukkan hasil yang luar biasa, daun sirsak memiliki khasiat yang sangat baik, seperti: 

  1. Menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok. 
  2. Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. 
  3. Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh. - Menambah stamina dan fitness. 
  4. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan. 
  5. Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya. 
Daun sirsak dapat digunakan untuk kemoterapi secara tradisional untuk penyakit kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus. Berikut cara yang dapat anda lakukna:

  • Petiklah 10-15 lembar daun srisak yang masih segar da berwarna hijau, cuci sampai bersih
  • Ambil tiga gelas air putih
  • Rebus dengan air kira2 dua gelas
  • Minumlah sisa air rebusan 2 x sehari
Demikianlah informasi Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh yang kami kutif dari berbagai sumber seperti http://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.