Informasi Tentang Penyakit Sinusitis

Berikut ini adalah artikel tentang Informasi Penyakit Sinusitis yang kami kutif dari berbagai sumber dan kami berikan sajian terbaik untuk anda. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.

Apa Itu Penyakit Sinusitis?

Penyakit ini berasal dari bahasa latin yang berakhiran -itis yang dapat diartikan sebagai peradangan. Sehingga sinusitis adalah peradangan pada hidung atau paranasal. Perlu anda ketahui sebelumnya, di daerah rongga hidung terdapat empat sinus yajni sinus maksilaris yang terletak di pipi, sinus etmoidalis yang letaknya di kedua mata, sinus frontalis yang letaknya di dahi dan sinus sfenoidalis yang berada dibelakang dahi.

Penyakit sinusitis secara klinik dapat dkategorikan menjadi 3 jenis penyakit sinusitis yaitu sinusitis akut, sinusitis subakut dan sinusitis kronis.

Berdasar Penyebab terjadinya penyakit sinusitis, penyakit ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori:

Rhinogenik yang terjadi disekitar hidung dan disebabkan oleh penyumbatan pada hidung sehingga terjadilah sinusitis.
Dentogenik atau disebut juga dengan odontogenik yang disebabkan oleh kelainan pada gigi, akibatnya gigi geraham emas atas yang mengalami infeksi sinusitis.

Penyebab dari Penyakit Sinusitis

Penyakit ini disebabkan oleh aliran udara dari dan ke rongga sinus yang mengalami gangguan serta mengeluaran cairan mukus yang juga mengalami gangguan. Hal ini dapat disebabkan oleh flu, alergi, demam dan bahan-bahan iritan yang dapat mengakibatkan pembengkakan di ostia sehingga terjadi jalan buntu pada lubang drainase yang akhirnya menyebabkan penyumbatan aliran sinus dan pengeluaran cairan mukus.

Bukan hanya itu saja, trauma dan tumor pun mengambil peran dalam penyebab buntunya ostia. Untuk melakukan pengeluaran cairan mukus, sel yang mengahasilkan cairan mukus memiliki rabut halus atau silia yang fungsinya untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Namun asap rokok juga menjadi penyebab utama yang mengakibatkan rambut halus tersebut menjadi rusak, karena cairan mukus inilah akhirnya bertumpuk dan berakumulasi sehinga virus, bakteri dan jamur datang.

Gejala dari Penyakit Sinusitis

  • Nafas berbau
  • Sakit kepala dan demam
  • Hidung yang tersumbat
  • Postnasal drip 
  • Batuk umumnya akan semakin memburuk saat malam hari
  • Rasa sakit atau adanya tekanan didaerah dahi, pipi, hidung dan diantara mata
  • Berkurangnya daya pengecap
  • Hidung terus meler dengan warna hijau yang pekat
  • Berkurangnya daya penciuman

Adakah terjadinya Komplikasi Sinusitis?

Ya, komplikasi sinusitis lebih seraing terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Apabila anak anda mengalami sinusitis dan telah mengalami pembengkakan di sekitar tulang pipi atau kelopak mata, ini bisa jadi infeksi bakteri pada jaringan kulit dan rambut atau infeksi pada jaringan sekitar mata.

Demikian Informasi Tentang Penyakit Sinusitis. Mudah- mudahan dengan adanya informasi ini dapat sangat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Amin.