Informasi Tentang Penyakit Lemah Jantung

Berikut ini adalah sajian Informasi Tentang Penyakit Lemah Jantung yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..

Tentang Penyakit Jantung

informasi tentang penyakit lemah jantung
Jantung merupakan organ berupa otot, berbentuk kerucut berongga dan dengan basisnya diatas dan puncaknya di bawah. Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkonraksi secara bergantian. Pada umumnya seseorang dikatakan lemah jantung jika kemampuan jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau kemampuan jantung menurun. Jantung memiliki otot khusus, kemampuan dari otot ini sangat tergantung dari tekanan darah yang ada di tubuh kita. Apabila tekanan drah tinggi, maka kerja otot akan semakin membesar.

Jika kekauatan otot jantung sudah melemah ini akan sulit diketahui karena otot jantung mempunyai karakteristik yang berbeda, tidak seperti otot tubuh lainnya.

Penyebab dari Penyakit Lemah Jantung

Lemah jantung merupakan suatu keadaan dimana jantung tidak dapat memompa jumlah darah yang cukup ke anggota badan. Penyebab penyakit jantung ini antara lain, fungsi jantung yang rusak, darah tinggi, anemia, kelemahan pengisian jantung dan gangguan denyut jantung.

Tanda atau Gejala Lemahnya Jantung

  • Sesak Nafas
Ketika fungsi jantung mulai melemah, darah kembali ke dalam pembuluh darah yang mamsok oksigen dari aru-paru ke jantung. Akibatnya, sistem pernafasan menjadi lebih mudah terganggu. Biasanya gejala tersebut muncul ketika berolahraga atau melakukan kegiatan lainya. Informasi Tentang Penyakit Lemah Jantung

  • Kelelahan
Menurunnya kemampuan jantung membuat organ penting ini tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan seluruh tubuh. Dampaknya, darah dialihkan dari bagian yang kurang penting dari tubuh, seperti lengan dan kaki, untuk memasok ke daerah yang lebih penting seperti jantung dan otak. Akibatnya penderita lemah jantung ini sering merasa kelelahan terutama di bagian lengan dan kaki, serta akan memiliki kesulitan melakukan aktivitas normal seperti berjalan, naik tangga atau membawa beban berat.

  • Batuk yang Kronis
Penumpukan cairan di paru-paru dapat menyebabkan batuk yang sulit disembuhkan. Terkadang juga paru-paru akan menghasilkan dahak atau lendir yang bercampur darah.

  • Detak jantung yang cepat dan tidak teratur
Jantung dapat mempercepat denyut nadi untuk mengimbangi ketidakmmampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penderita lemah jantung akan merasakan detak jantung berdebar atau tidak teratur.

  • Nafsu Makan Akan Berkurang
Saat sistem jantung dan pencernaan telah bekerja keras, namun gagal untuk menerima suplai darah sehat, akibatnya adalah munculnya rasa mual atau kenyang walau belum makan.

  • Gangguan pikiran
Kadar tidak terkontrol dari zat tertentu dalam darah seperti sodium dan berkurangnya aliran darah ke otak dapat mengganggu memori atau menyebabkan disorientasi. Banyak dari meraka yang tidak menyadari bahwa mereka menderita lemah jantung.

  • Akumulasi Cairan dan Pembengkakan
Karena adanya aliran darah ke ginjal terganggu, ginjal memproduksi hormon berlebihan yang menyebabkan akumulasi garam dan air. Pembengkakan ini paling sering terjadi pada pergelangan tangan dan kaki.

Tips Sederhana Atasi Lemah Jantung

Berolahraga ringan
Bukan hanya mereka penderita lemah jantung yang diwajibkan berolahraga, diusahakan dalam aktifitas harus diselipkan olahraga agar lebih sehat. Untuk penderita jantung disarankan untuk melakukan olahraga ringan minimal 30 menit, terutama berolahraga di pagi hari tanpa menggunakan alas kaki dengan berjalan kaki santai.

Berhentilah merokok
Rokok adalah bahaya terbesar dari timbulnya suatu penyakit kronis seperti kolesterol, diabetes, tekanan darah dan juga penyakit jantung. Perokok yang sangat aktif memiliki resiko sangat tinggi untuk serangan jantung. Zat berbahaya yang terkandung dalam rokok seperti karbonmonoksida dapat menyebabkan arteriosklesrosis yaitu pengerasan pada pembuluh darah koroner.

Menurunkan berat badan yang berlebihan
Penyakit jantung selalu diidentikan dengan kepemilikan tubuh yang gemuk atau obesitas. Bisa memicu timbulnya penyakit seperti stroke, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Mengurangi asupan lemak
Makan seperti daging yang mengandung lemak tinggi akan lebih baik dibatasi dengan baik. Konsumsi daging bisa diganti dengan ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk jantung.

Nah, itulah Informasi Tentang Penyakit Lemah Jantung yang kami kutif dari berbagai sumber di internet. Mudah- udahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.