Informasi Tentang Penyakit Maag

Berikut ini kami berikan sajian Informasi Tentang Penyakit Maag yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dengan adanya informasi tentang sakit maag ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat untuk anda yang membaca. Amin..

Tentang Penyakit Maag

informasi tentang penyakit maag
Sakit maag merupakan rasa yang tidak enak terjadi pada daerah lambung yang dapat menimbulkan nyeri, biasanya nyeri ini dirasakan pada daerah ulu hati selanjutnya disertai dengan perut kembung, perih dan juga menyebabkan mual. Gangguan ini terjadi di lambung dapat disebabkan karena produksi asam lambung yang tidak terkontrol. Tidak jarang, asam lambung naik dapat menyebabkan mulut juga menjadi masam.

Penyakit maag atau sakit maag akut biasanya terjadi karena faktor penyebab terlambatnya makan, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, minum alkohol, kopi, merokok, obat rematik, obat asma, sayuran ko atau sawi dan juga karena minuman yang bersoda.

Dalam keadaan normal, asam lambung dibutuhkan leh tubuh untuk membnatu pencernaan. Produksi asam lambung ini umumnya meningkat pada saat tubuh memerlukannya yaitu disaat makan. Sebaliknya, disat tubuh tidak memerlukannya, maka produksi asam lambung ini kemudian akan menurun kembali. Sehingga itulah penyebab jangan telat makan agar asam lambung di dalam perut tidak naik.

Penyebab Terjadinya Penyakit Maag

Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seringkali mengakibatkan iritasi pada lambung.
Pemakaian obat dengan doseis yang tinggi dapat mengganggu sistem pencernaan halus sehingga rentan terhadap infeksi yang dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya menjadi penyebab sakit maag.

Alkohol juga terbukti dapat mngubah keadaan dalam tubuh sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit termasuk sakit maag. 
Karena seseorang sering mengkonsumsi minuman keras akan mengganggu sistem pencernaan. Lambung akan sangat rentan dan dalam kondisi yang rapuh akan menjadi sarang bagi bakteri.

Stress juga terbukti dapat mngubah keadaan dalam tubuh sehinga lebih rentan terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit maag.
Yang sering terjadi dalam tubuh anda ketika sel- sel tubuh anda tidak saling berkomunikasi, sel- sel tubuh dapat berakhir dengan menyerang reaksi imun itu sendiri tanpa menyadarinya. Hal inilah yang disebut dengan auto-imun. Penyebab dari maag autoimun merupakan komunikasi sederhana antar sel dan disebabkan oleh kekurangan gizi dan faktor gaya hidup.
 
Penyakit maag juga dapat disebabkan oleh makanan berminyak dan berlemak secara berlebihan. Penyakit refluks empedu adalah salah satu penyebab penyakit maag. Apabila terjadi kebocoran dalam empedu. Hal ini akan memperparah penyakit maag dan penjadi penyakit maag akut.

Faktor umur juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit maag. 
Jika kita berusia lanjut, dinding kita akan menipis sehingga jauh lebih rentan dibanding orang berusia muda. Sistem kekebalan tubuh juga menurun sehingga anda yang berusia lanjut lebih beresiko terkena penyakit maag.

Jenis Penyakit Maag

Gastritis Akut 
Penyakit maag akut adalah inflamasi ( reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai dengan panas, bengkak, nyeri dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung dan umumnya terbatas hanya pada mukosa.

Gastritis kronis
Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi ( reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai dengan panas, bengkak dan nyeri) kronis dari tipe gangguan tertentu, penyebab dari gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Demikianlah Informasi Tentang Penyakit Maag yang dapat kami berikan kepada anda. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin