Informasi Tentang Penyakit Keputihan

Berikut ini adalah Informasi Tentang Penyakit Keputihan yang kami kutif dari berbagai sumber . Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.

Apa Sih Keputihan itu?

informasi tentang penyakit keputihan
Keputihan atau Flour Albus adalah sekresi vaginal abnormal pada wanita. Tidak banyak wanita tahu apa itu keputihan dan sering menganggap enteng persoalan keputihan. Padahal keputihan ini dapat berakibat fatal seperti kemandulan dan merupakan tanda awal dari kanker leher rahim ( kanker serviks) yang kita tahu sendiri bahwa kanker serviks adalah pembunuh nomor satu pada wanita.

Menurut dr. Sugi Suhandi, spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Mitra Kemayoran Jakarta, keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina.

Keputihan dapat berifat fisiologis dan bersifat patologis. Dalam artian bersifat fisiologis ( dalam keadaan normal ) biasanya terjadi pada masa subur juga terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, biasanya lendir yang berlebihan namun tidak gatal dan tidak berbau. Berdeda dengan keputihan patologis ( karena penyakit ) merupakan keputihan karena adanya infeksi pada vagina, adanya benda saing dalam vagina. Infeksi ini dapat terjadi karena bakteri, jamur atau protozoa. Ciri dari keputihan patologis adalah berwarna kepala susu, atau hijau kekuningan bahkan ada juga yang bercampur darah jika keputihanya sudah menjadi penyakit.  

Cara Pencegahan Keputihan Pada Wanita

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu pencegahan secara dini agar terhindari dari keputihan sangat dianjurkan.
  • Menjaga kebersihan daerah vagina ( ini penting )
  • Membilas vagina dengan cara yang benar
  • Tidak melakukan tuar menukar celana dalam dengan teman wanita lainnya
  • Tidak mengguanakan handuk secara bersamaan
  • hati- hati dalam menggunakan tolilet umum
  • Jalani pola hidup sehat seperti olahraga yang teratur, cukup tidur dan makan- makanan yang bergizi
  • Menghindari gonta- ganti pasangan dalam berhubungan
  • Bagi wanita yang sudah melalukan hubungan suami istri setiap tahunnya perlu melakukan pemeriksaan papsmear untuk mendeteksi perangai sel- sel yang ada di mulut leher rahim.

Ciri- Ciri Keputihan Tidak Normal

  • Lendir yang kental
  • Berwarna kuning atau kecoklatan
  • Berbau busuk dan gatal
  • Keputihan menjadi pertanda bahwa adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim, keganasan ( tumor dan kanker) serta adanya benda asing.

Tapi, tidak semua infeksi saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan. Keputihan dapat disebabkan oleh adanya jamur candidas albicans.
Dalam keadaan normal, jamu ini terdapat dikulit maupun dalam liang kemaluan wanita. namun, dalam keadan tertentu jamur ini meluas sehingga menimbulkan keputihan.

Bagaimana Mengobati Penyakit Keputihan secara alami?

Cara Pencegahan dan Pengobatan keputihan secara alami adalah dengan mengkonsumsi minuman herbal berkhasiat yang kaya akan vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh. Untuk informasi selanjutnya silahkan klik => Obat Herbal Untuk Keputihan